Bahasa Pemrograman

SEQUENTIAL SEARCH

 
       Dari contoh program yg saya berikan nanti, bisa dilihat bahwa untuk memasukkan variabel nilai kedalam program menggunakan fungsi pustaka gets dan semuanya itu dimasukkan melalui keyboard. tambahan to_i pada gets adalah untuk menangkap nilai integer. Setiap kata yg berada dalam print harus diawali dengan tanda petik dua ( " ) dan diakhiri dengan tanda yg sama. untuk menyisipkan variabel diantara kata didalam print maka digunakan tanda plus ( + ).
       Jadi inti dalam sequential programming adalah bahwa sebuah program itu dikerjakan dengan jalan berurutan langkah-langkahnya. setahap demi setahap. secara umum diawali dengan inputan kemudian pengolahan input setelah itu hasil.

contoh program bisa anda download disini : Sequential

PERCABANGAN/ BRANCHING

Struktur pengambilan keputusan percabangan yang digunakan untuk memilih salah satu alternatif jawaban yg tepat dari pilihan yg ada. dimana dalam bahasa ruby menyediakan perintah IF, IF...ELSE, IF...ELSIF...ELSE.

1. Perintah IF

Mempunyai arti jika kondisi bernilai benar maka pernyataan dibawahnya akan dikerjakan. jadi perintah IF merupakan perintah yang menentukan pengambilan keputusan bahwa pernyataan itu akan dikerjakan atau tidak.

2. Perintah IF...ELSE

Mempunyai arti jika kondisi benar maka pernyataan 1 s/d m akan dikerjakan dan jika kondisi salah maka pernyataan 4 s/d n akan dikerjakan.

3. Perintah IF...ELSIF...ELSE ( IF Bertingkat )

Mempunyai arti jika kondisi 1 benar maka pernyataan 1 yang akan dikerjakan dan apabila kondisi 1 tidak benar maka kondisi 2 yg akan dilihat. jika kondisi 2 benar maka pernyataan 2 yg akan dikerjakan dan apabila kondisi 2 tidak benar, maka kondisi 3 yg akan dilihat sampai pernyataan terakhir sesuai bentuk pernyataan diatas.

contoh program bisa didownload disini : Branching  

PERULANGAN/ LOOPING 


Perintah pengulangan digunakan untuk melakukan suatu proses secara berulang-ulang jika suatu kondisi dipenuhi atau sebaliknya. Mengulang suatu proses merupakan tindakan yang banyak dijumpai dalam suatu pemrograman. pada semua bahasa pemrograman pengulangan proses ditangani dengan suatu mekanisme yang disebut LOOP. misal menampilkan tulisan sebanyak mungkin pada layar dapat diimplementasikan dengan kode program yg pendek. pada bahasa ruby terdapat tiga buah struktur LOOP yaitu, WHILE, UNTIL, FOR. 


contoh program bisa didownload disini : Looping




















Facebook Twitter RSS