Makan penyetan tapi Lalapan dibuang ? JANGAN !


berikut beberapa jenis lalapan yang sering dikonsumsi, lengkap dengan kandungan gizi dan manfaat lain yang bisa digunakan :

1. Kemangi ( O. basilicum var. anisatum Benth )
Daunnya kecil-kecil dengan bau harum sangat khas. sering dijadikan bahan lalapan. pada masayarakat Manado dan Makassar daun kemangi dijadikan sebagai salah satu bumbu untuk menambah kelezatan olahan ikan. Kemangi kaya akan kandungan minyak asiri, protein, kalsium, fosfor, besi, dan belerang. dalam ilmu pengobatan tradisional disebutkan keharuman kemangi bisa menghilangkan bau badan. selai itu juga memiliki efek menenangkan serta mengeluarkan gas dari dalam perut. karena itu baik dikonsumsi saat susah tidur. daun kemangi juga bisa mengurangi diare dan muntah membantu menyembuhkan sariawan dan menghilangkan bau nafas tak sedap dari mulut.

2. Mentimun ( Cucumis Sativus )
Mentimun memiliki kandungan air sampai 90%, sehingga efeknya dapat membantu menyiram bakteri disepanjang usus dan dinding kandung kemih, sifat diuretik juga membantu retensi air. kandungan airnya mampu membantu menghilangkan toksin dan asam urat melalui ginjal. karena itu mentimun sangat baik dikonsumsi penderita encok. mentimun juga berfungsi sebagai makanan pelangsing sempurna karena memberi efek mengenyangkan. Mentimun kaya akan kalori, vitamin A, B1, B2, C, kalsium, kalium, mangan dan sulfur. campuran air dan jus mentimun dapat menurunkan demam dan mendinginkan kulit. selain itu baik dikonsumsi juga oleh penderita darah tinggi. dengan begitu banyak manfaat, tidak rugi menjadikan mentimun sebagai salah satu jenis lalapan.

3. Kubis ( Brassica Oleracea )
Secara garis besar ada 2 macam jenis kubis yaitu merah dan hijau keputihan. biasa digunakan sebagai lalap atau campuran soup. banyak mengandung vitamin C, kalium dan asam folat. kandungan kaliumnya membantu mengatur keseimbangan air dalam tubuh. banyak yang tidak menyukai kubis mentah. tapi jika tahan mengonsumsi kubis mentah atau sebagai jus sangat baik untuk mengobati nyeri tenggorokan dan sariawan. tapi sebaiknya tidak dikonsumsi berlebih karena bisa menimbulkan gas berlebih didalam perut.


4. Selada ( Lactuca Sativa )
Biasa dimakan mentah dan dibuat salad. jenis sayuran ini bisa membantu mengurangi resiko kanker, katarak, stroke,meringankan insomnia dan mengurangi gejala anemia.



5. Kacang Panjang ( Vigna Cylindrica )
Khasiat dari kacang panjang sebagai antikanker, leukimia, antibakteri dan antivirus. manfaat lainnya ialah tanaman ini dapat memeperbesar payudara bagi wanita. kandungan yg terdapat pada lalapan ini ialah polifenol, saponin, glikosida, flavonol, antosianin.





 Ayo, mulai sekarang jaga pola makan hidup kita. pikirkan manfaat untuk tubuh kita meskipun itu pahit rasanya.

Facebook Twitter RSS